Berita

Inspektur Utama Mengikuti Acara Professional Auditor Forum - IIA di Inspektorat Utama BPK RI

22 February 2018

Pada hari Kamis, tanggal 22 Februari 2018, Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI, bersama dengan Inspektur I dan Auditor Inspektorat I mengikuti acara Professional Auditor Forum (PAF).  Acara ini secara reguler diselenggarakan oleh Institute of Internal Auditor (IIA) Indonesia.  PAF kali ini terselenggara bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (Ittama BPK RI). Tema yang diusung adalah mengenai kapabilitas dan maturitas audit internal.  Hasil assessment yang dilakukan oleh IIA sebagai lembaga independen terhadap kapabilitas Inspektorat Utama BPK dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IA-CM) adalah berada di level 3 integrated, institusi yang berada pada level ini memiliki karakteristik manajemen audit internal dan praktek – praktek profesional telah diterapkan.  IA CM merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengukur efektivitas  peran audit intern di sektor publik, yang mulai dikembangkan oleh IIA sejak tahun 2006. Terdapat 5 level kapabilitas unit dalam IA-CM ini yaitu (1) initial, (2) infrastructure, (3) integrated, (4) managed, dan (5) optimizing.

Acara dibuka oleh Inspektur Utama BPK RI, Mahendro Sumardjo, dan Presiden IIA Indonesia, Hari Setianto.  Dilanjutkan dengan sharing session dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, yang menyampaikan mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan Kementerian PAN dan RB untuk perbaikan di sektor Pemerintah; antara lain mengenai perbaikan postur Belanja, dimana saat ini 50% postur anggaran sebagian besar adalah untuk Belanja Pegawai, kemudian perbaikan tata kelola keuangan melalui efektifitas dan efisiensi penyerapan anggaran dengan realisasi output dan outcome. Perampingan struktur organisasi pemerintah yang cenderung besar, perbaikan kualitas ASN melalui perbaikan model dan sistem diklat di pemerintahan dengan mengikuti tuntutan perkembangan jaman, dan perbaikan kualitas pelayanan publik melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan berbasis elektronik. Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penilaian Kapabilitas Itama BPK Oleh Presiden IIA Indonesia kepada Wakil Ketua BPK Prof. Dr. Bahrullah Akbar M.B.A. 

 

Acara Utama berupa diskusi panel diisi oleh 3 (tiga) narasumber yaitu (1) Dr. Agus Joko Pramono, S.ST., M.Acc., Ak. yang menyampaikan materi “Internal Audit Capability Model(2)  Dewi Andriati, QIA, CIA, Governor IIA Indonesia dan Senior Manager di PwC, dengan materi: “Internal Audit Maturity Level”.  (3)  Setyo Wibowo, CA, CIA, CRMA, CISA, yaitu Kepala Divisi Internal Audit PT Sarana Multi Infrastruktur, dengan Materi: “Quality Assurance and Improvement Program”.  Acara dipandu oleh Moderator: Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Dr. Blucer Welington Rajagukguk MSc., SE, SH., Ak.,CFrA., CA, CFE.  Acara ditutup oleh Anggota I BPK RI, Dr. Agung Firman Sampurna S.E., M.Si.